Dubito, ergo cogito; cogito, ergo sum.” – Decrates

Terjemahan Inggrisnya adalah ‘I doubt, therefore I think; I think, therefore I am.‘, dan kalau diindonesiakan menjadi  ‘Aku tidak yakin, karenanya aku berpikir; Aku berpikir, karenanya aku ada’.

Jangan mengira yang menulis blog ini sudah sangat berpengalaman dalam publikasi internasional. Anda salah besar jika beranggapan demikian. Blog ini adalah sebuah upaya memaksa diri sendiri untuk selalu berpikir, meskipun sering tidak bermutu.😉 Buktinya adalah blog ini. Jika Anda merasa blog ini tidak bermutu, Anda tidak salah. Justru komentar dan kontribusi Anda ditunggu supaya blog ini semakin bermutu.

Kalau toh blog ini dianggap bermutu atau sedikit bermutu, perlu dipahami bahwa yang dituliskan dalam blog ini hanya salah satu atau salah dua dari beragam madzhab yang ada. Latar belakang pendidikan, pengalaman, dan minat penelitian saya juga sangat berpengaruh di sini. Sangat mungkin Anda menemukan pedoman lain yang berbeda. Seperti pepatah, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Lain disiplin lain juga tradisinya.🙂

Kalau pun materi blog ini dianggap salah, saya masih percaya, bahwa ijtihad yang salah tetap mendapatkan satu ‘pahala’ karena telah membuka diskusi lanjutan. Yang salah adalah mereka yang tidak pernah berijtihad, tidak pernah berpendapat, tetapi gemar menyalahkan.🙂

Selain di sini, saya juga ‘ngeblog’ di http://fathulwahid.wordpress.comhttp://menjadidosen.wordpress.com, dan http://ranahriset.wordpress.com. Tujuan ‘ngeblog’ saya cuma satu: membahagiakan diri saya dengan berbagi. Saya berharap Anda juga bahagia ketika berkunjung ke blog-blog tersebut.

Mudah-mudahan energi untuk menjaga kebahagiaan itu selalu ada dengan menambah entri blog ini satu per satu.

10 comments
  1. Sukriadi said:

    Assalamu Alaikum…. Semoga Pak Fatul selalu dalam lindungan Allah SWT.
    Pak, mungkin untuk lebih lengkapnya blog ini, perlu ditambahkan petunjuk atau tulisan mengenai statistik…

    Makasih Banyak.

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam Mas Sukriadi, Terima kasih untuk masukannya. Akan saya usahakan untuk entri-entri selanjutnya Mas. Sukses selalu Mas.

  2. LA Amin said:

    Assalamu’alaikum wr wb
    Blog ini saya temukan secara sengaja dan tidak sengaja. Sengaja yang saya maksud adalah sengaja mencari materi/referensi yang berhubungan dengan minat baru saya, bertemulah dengan blog ini. Tidak sengaja, kata kunci yang saya ketik di google sama sakali tidak ada di blog ini tp ya kok ketemu blog ini? Untuk lebih meyakinkan saya sampai-sampai saya menggunakan command spesial bagi orang awam dan yang tidak terlalu mengerti mbah Google.

    forensika digital site:publikasiinternasional.wordpress.com
    “forensik” site:publikasiinternasional.wordpress.com

    sudahlah sekarang ini yang penting blog ini luar biasa bagi saya dan semoga dapat memberikan saya sedikit informasi tetang apa yang saya cari.

    Begini, saya salah seorang mahasiswa yang tertarik dan ingin membuat karya tulis tetang forensika digital. Belum seberapa kok saya merasa sudah kelimpungan untuk mencari referensinya. Melihat dari tulisan plus comment yang ada di blog ini saya rasa kok gak ada salahnya jika saya bertanya toh katanya, “malu bertanya sesat di jalan”.

    pertanyaan saya adalah:
    1. dimana saya bisa mendapatkan referensi tentang apa yang saya cari?
    2. bolehkah saya mengajukan permohonan kepada Fathul Wahid sang pemilik blog untuk menulis tentang foresik digital yg nantinya bisa menjadi informasi bagi orang2 seperti saya?

    Terimakasih
    Salam,

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam Mas Amin. Terima kasih telah nyasar ke blog saya. Saya juga heran kok njenengan dengan kata kunci itu bisa nyasar ke blog ini. Mungkin salah klik.🙂

      Btw, forensika digital bukan bidang saya. Beberapa entri Pak Yudi Prayudi, membahas tentang topik ini: https://prayudi.wordpress.com/category/digital-forensik/. Njenengan bisa temukan ribuan informasi tentang topik forensika digital di sini: http://scholar.google.com/scholar?q=digital+forensics&btnG=&hl=en&as_sdt=0%2C5. Beberapa link mungkin tidak bisa njenengan buka karena memerlukan langganan. Tetapi kalau kampus njenengan berlangganan portal jurnal, saya yakin lebih banyak yang bisa diunduh dan dibaca.

      Sementara itu Mas. Mudah-mudahan respon saya ada manfaatnya.

  3. mebigina said:

    Assalamualaykum. Pak Fathul, saya dan teman-teman peneliti BPPKI Yogyakarta (UPT Kemkominfo) bermaksud mengundang bapak untuk berbagi ilmu penulisan jurnal yang baik termasuk proses submit jurnal/prosiding internasional. Kira-kira kemana kami bisa menghubungi bpk secara formal? Saya lihat di web UII ternyata bpk sedang proses pencalonan Warek (atau sudah jadi :D). Terima kasih sebelumnya. Salam sukses

    • Wa’alaikumussalam Bu, Monggo, senang kalau bisa berdiskusi dengan Ibu/Bapak BPPKI. Email saya: fathul.wahid@uii.ac.id. Hanya saja, saya akan tidak berada di Yogyakarta sampai pertengahan Oktober 2014.

      • mebigina said:

        Oke pak terima kasih, saya sampaikan ke teman-teman🙂.

        • Sama-sama Bu🙂

  4. Assalamualaikum, Bapak saya yochi okta salah satu mahasiswa S1 UNDIP. Bapak saya sangat tertarik dengan postingan bapak di blog bapak salah satunya yang membahas tentang publikasi jurnal. Saya juga salah satu mahasiswa yang sedang mencoba untuk mempublikasikan jurnal. Beberapa hari yang lalu, saya mencoba apply paper lewat web academicsworld.org dan paper saya salah satu yang lolos. Dalam konferensi tersebut menyebutkan bahwa paper saya akan dipublikasikan lewat majalah jurnal ber-indeks scopus.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah benar web tersebut merupakan web yang memfasilitasi publikasi jurnal scopus?
    karena saya masih mahasiswa S1 jadi masih awam tentang publikasi jurnal, juga banyaknya penipuan publikasi menyebabkan saya curiga dengan web academicsworld.org ini. mohon bantuannya bapak.

    terimakasih

    • Fathul Wahid said:

      Kalau saya pribadi menghindari ikut konferensi yang diadakan oleh semacam ‘event organizer’. Scopus tidak dikelola oleh organisasi tersebut, tetapi oleh Elsevier, kalau gak salah. Lembaga ini yang menentukan, lembaga lain bisa kirim proposal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: