Isu tentang jurnal ‘abal-abal’ sebetulnya bukan isapan jempol. Memang untuk menelisik satu per satu tidaklah mudah. Namun pengalaman beberapa kolega bisa menjadi bukti. Sebagai contoh, seorang kolega mengirimkan sebuah artikel di pagi hari dan menerima notifikasi bahwa artikel diterima as is tanpa revisi sore harinya adalah sebuah praktik yang ‘ruaarrrrr biasa’ dalam manajemen jurnal yang serius. Kasus artikel jurnal Nono Lee beberapa waktu yang lalu, seharusnya juga menjadi pencelik mata kita.

Berikut adalah tautan yang dibuat oleh Jeffrey Beall, pustakawan senior dari University of Colorado Denver yang meluangkan waktu dan energinya membuat daftar penerbit ‘predator’ dan jurnal ‘abal-abal’ Tentu Anda boleh tidak sepakat, karena tidak ada siapapun yang berhak memaksa orang untuk sepakat. Paling tidak, daftar ini dapat menjadi ‘daftar periksa’ sebelum menentukan jurnal tujuan.

Tertarik? Sila lirik di sini. Beall juga membuat daftar panjang kriteria yang digunakan untuk menentukan bahwa sebuah penerbit atau jurnal ‘layak’ dimasukkan ke dalam ‘daftar hitam’ ini. Sila lirik kriterianya di sini.

Anda terlanjur menerbitkan tulisan di salah satu jurnal atau penerbit dalam daftar tersebut. Tidak perlu khawatir, karena di Indonesia, nampaknya isu seperti ini hanya samar-samar saja terdengar.🙂 Kalau memang daftar ini atau daftar serupa lain diadopsi dalam penilaian poin untuk kenaikan jabatan akademik (baca: kewenangan akademik), ada baiknya pihak yang berwenang menerbitkan daftar serupa. Ini penting, agar jangan sampai banyak dosen atau peneliti yang sudah serius meneliti, dan karena keterbatasan informasi, sehingga menjadi ‘mangsa’ penerbit ‘predator’ atau jurnal ‘abal-abal’ tersebut.

1 comment
  1. bam cloud said:

    bagaimana kalau yang abal2 itu adalah tulisannya atau bahkan penelitiannya? hal itu kan sdh banyak dilakukan oleh beberapa pejabat peneliti di instansi ind demi mempertahankan jabatan mereka?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: